Senin, 12 Desember 2011

unas 2012

http://Ujian Nasional 2012 Diperketat

TEMPO.CO, Bandung - Pemerintah akan memperketat pelaksanaan ujian nasional 2012. Naskah soal akan dibuat lebih dari 3 jenis. Adapun penggandaan naskah di tiap provinsi akan dihapus untuk mengurangi risiko kebocoran soal.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh mengatakan, pemerintah tahun depan tetap akan menggelar ujian nasional. "Sudah halal, tidak perlu diperdebatkan lagi, sekarang tinggal pelaksanaannya saja agar lebih baik," kata Nuh di Bandung, Jumat, 9 Desember 2011.

Kementerian akan melakukan sejumlah perbaikan dari sisi pelaksanaan. Untuk memastikan naskah soal aman dan kerahasiaannya terjaga, pemerintah mencabut wewenang penggandaan soal di 33 provinsi. "Sekarang hanya 5 atau 6 titik (penggandaan soal) yang nanti akan dilelang," katanya.

Wilayahnya dibagi tiga, yaitu Indonesia bagian timur, tengah, dan barat. Namun pemerintah belum menentukan provinsi mana saja yang masuk ketiga zona tersebut. "Nantinya distribusi soal tetap dilakukan oleh provinsi," katanya.

Perubahan kebijakan penggandaan soal itu, ujar dia, bukan berarti soal ujian tahun lalu bocor semua. Melainkan untuk efektivitas dan efisiensi pengawasan oleh pusat. "Tahun lalu, untuk Bali cetak soalnya di Jawa Timur dan distribusi Jawa Timur dari Jakarta," katanya.

Selain itu, variasi jenis soal juga diperbanyak. Dari 3 jenis, akan ditambah menjadi 5-7 jenis soal. Tujuannya, kata Nuh, untuk memperkecil tingkat penyimpangan soal.

Adapun syarat kelulusan masih sama seperti tahun lalu. Rata-rata nilai siswa, kata Nuh, harus 5,5 dan angka terkecil nilai ujian minimal 4. "Komposisi nilai juga masih 40 persen ujian nasional dan 60 persen nilai sekolah," katanya.

Ujian nasional untuk tingkat SMA sederajat akan digelar 16-19 April 2012 dan UN susulan akan dilaksanakan pada 23-26 April. Ujian SMP sederajat berlangsung 23-26 April 2012 dan ujian susulan pada 30-4 Mei 2012. Sedangkan untuk jenjang SD sederajat, ujian dimulai 7-9 Mei 2012 dan susulannya pada 14-16 Mei 2012.
www.blogger.com/blog-this.g#

Tidak ada komentar: